Rahasia Memilih Susu Buat Si Buah Hati Agar Tumbuh Sehat

Balita Sehat.

Rahasia Memilih Susu Buat Si Buah Hati Agar Tumbuh Sehat.
Ibu dan Balita ikut mendukung program ASI Eksklusif buat bayi usia 0-6 bulan. Kami percaya ASI (Air Susu Ibu) merupakan sumber nutrisi terbaik saat ini. Pemberian ASI pun dapat ikut mempererat hubungan emosional antara Ibu dan sibuah hati.

Jadi, ASI sangat dianjurkan untuk tetap diberikan pada bayi anda hingga usia 2 tahun, diimbangi dengan makanan padat yang sesuai setelah bayi berusia 6 bulan ke atas. Sebelum Ibu memberikan susu formula kepada bayi anda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sama tenaga medis profesional separti dokter specialis, bidan dan lain lain.

Memilih susu pertumbuhan yang tepat untuk anak di atas satu tahun sangatlah penting. Anak-anak harus terus memperoleh tambahan nutrisi yang dibutuhkannya yang berbeda dengan kebutuhan orang dewasa maupun anak-anak yang sudah lebih besar. Mereka sebaiknya tetap mendapatkan susu pertumbuhan yang bisa memberikan kebutuhan kalori hingga 40 persen dari kebutuhan sehari-hari selama masa pertumbuhannya.

Berbagai merek susu untuk pertumbuhan anak di atas 1 tahun banyak sekali di pasaran dan semua merek tersebut patuh pada aturan dan pengawasan Pemerintah kita melalui  (BPOM). Semua jenis susu pertumbuhan yang diperkaya sama zat besi (untuk mencegah anemia), vitamin D (untuk pertumbuhan tulang), dan berbagai zat gizi lainnya untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Sedangkan susu pertumbuhan Frisian Flag 456 mengandung Isomaltulosa yang tidak dimiliki susu pertumbuhan lainnya.

Sebelum memilih susu pertumbuhan untuk si buah hati, Ibu bisa memperhatikan patokannya sebagai berikut.

Pilihlah Susu Pertumbuhan Mengandung Kasein dan Whey
Kebutuhan akan susu pertumbuhan sebaiknya dipenuhi sebagai pelengkap berbagai makanan sehari-hari untuk menunjang pertumbuhan anak anda. Susu pertumbuhan pada dasarnya mengandung kasein dan whey sebagai sumber protein, selain mengandung minyak sayur sebagai sumber lemak, laktosa sebagai sumber karbohidrat, berbagai vitamin (seperti vitamin A dan D), dan nutrisi lain yang telah ditambahkan.

Rasio kasein dan whey dalam susu tergantung pada jenis susu pertumbuhan. Pada dasarnya, jumlah rasio tersebut berkaitan dengan lamanya masa cerna. Susu pertumbuhan yang mengandung whey lebih banyak akan lebih mudah dicerna oleh si Kecil. Jumlah kasein yang lebih besar membuat susu agak lebih lama dicerna.

Pilihlah Susu Pertumbuhan yang Tepat
Berikut ini beberapa saran dalam memilih susu pertumbuhan yang tepat untuk si Kecil:
  • Pastikan susu pertumbuhan mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh-kembang yang baik.
  • Perhatikan apakah si Kecil bisa mencerna susu pertumbuhan dengan baik.
  • Lanjutkan susu pertumbuhan yang sudah cocok, tentunya setelah Ibu menentukan pilihan susu pertumbuhan terbaik bagi si Kecil. Jangan terpengaruh harga susu. Lebih baik perhatikan pada kandungan nutrisi yang dapat mendukung tumbuh kembang untuk si Kecil.
  • Pilih susu pertumbuhan bubuk yang Ibu buat dengan mengikuti petunjuk penyajiannya.

Memilih Susu Pertumbuhan Dengan Penambahan ALA/LA dan Isomaltulosa
Mengingat bahwa susu pertumbuhan diperuntukkan bagi pemenuhan nutrisi optimal si Kecil, maka salah satu upaya yang dilakukan adalah penambahan ALA/LA dan isomaltulosa, seperti yang terdapat dalam susu bubuk Frisian Flag 456.
  • Asam alfa linoleat (ALA)/Asam linoleat (LA) termasuk jenis asam lemak esensial. Artinya, asam lemak ini tidak dapat dibuat oleh tubuh sendiri, sehingga harus diperoleh dari luar (makanan). Dalam susu pertumbuhan, biasanya ditambahkan asam linoleat yang sering disebut juga omega-6. Sedangkan ALA adalah pembentuk DHA (docosahexaenoic acid), yang merupakan asam lemak tak jenuh rantai panjang golongan omega-3. DHA banyak terkandung di otak dan retina mata, sehingga sangat penting untuk fungsi penglihatan.
  • Isomaltulosa adalah karbohidrat yang alami terdapat pada tanaman bit, tebu, dan madu, sebagai pemberi energi bagi tubuh dan otak. Berbeda dengan sukrosa, isomaltulosa diserap oleh tubuh secara perlahan. Karenanya, isomaltulosa pun akan memberi asupan energi yang konstan dan stabil, sehingga menghindarkan peningkatan atau penurunan kadar gula darah dan insulin secara drastis dalam tubuh. Dengan kata lain, isomaltulosa adalah zat yang mampu bertahan lebih lama dalam hal penyediaan energi jika dibandingkan dengan sukrosa. Isomaltulosa relatif tidak merusak gigi dan bisa dianggap sebagai zat pengganti sukrosa yang baik bagi kesehatan mulut.

Asupan karbohidrat yang stabil dan konstan tidak akan membuat perubahan drastis pada kadar gula darah si Kecil (yang disebut ‘sugar rush’ dan ‘sugar crash’), sehingga membuat energi si Kecil tetap terjaga dengan baik.

Nah, Ibu sebaiknya bijak dalam memilih susu pertumbuhan bagi si buah hati. Sebab, ia masih sangat butuh penambahan nutrisi untuk tumbuh-kembangnya. Anak sehat dan pintar tentu dambaan setiap orang tua, bukan !!!

Untuk mendapatkan  Informasi terlengkap seputar susu dan ibu hamil detail produk Anda bisa datang langsung ke toko kami dengan  alamat yang sudah tertera di Contact Us.

0 comments :